Kamis, 03 April 2008

HowImportantNUTRISI


Gaya hidup yang semakin modern serta aktivitas harian yang padat seringkali membuat kita memilih menyantap makanan cepat saji (fastfood) yang banyak tersedia di luar dengan alasan tidak repot, cepet bikin kenyang dan pastinya mak nyoooossss. Tapi, belum tentu makanan tersebut bergizi dan punya kandungan nutrisi yang cukup, bahkan cenderung berdampak negatif bagi kesehatan kita.

Nutrisi yang dikonsumsi oleh tubuh berfungsi membantu pertumbuhan serta peremajaan jaringan sel-sel di dalam tubuh kita, dimana sel-sel tersebut memiliki fungsi untuk mengedarkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Apabila peredaran aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh terhambat, sebagian dari jaringan sel menjadi rusak.

Nutrisi berbentuk serat sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk membantu proses pencernaan tubuh, serat ini terkandung pada buah-biahan dan sayur-sayuran. Kalo kurang nutrisi serat ini dapat mengganggu frekuensi buang air besar dan akhirnya menyebabkan sembelit.

Selain sembelit, kurangnya nutrisi dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan lainnya seperti osteoporosis, anemia, ginjal dan lain-lain. Dampak langsungnya pada penampilan kita antara lain adalah penuaan dini, kulit kusam dan rambut rontok.

Untuk menyiasati agar asupan nutrisi sehari-hari kita tercukupi, mulailah mengkombinasikan olahan berbagai bahan makanan segar seperti sayuran, ikan, buah-buahan dan lain-lain yang mengandung protein, karbohidrat dan vitamin dalam menu makanan kita. Makanan sehat juga tetap dapat menggugah selera kita dan rasanya tidak kalah dengan makanan cepat saji kegemaran kita.

So... be healthy gak kudu mahal kan..???

Dikutip dari berbagai sumber

Tidak ada komentar: